Ini Dia Foto-Foto Kartosoewirjo Ditembak Mati

KARTOSOEWIRJO, IMAM DI/TII YANG DIEKSEKUSI MATI

Sekarmadji Mardijan Kartosoewirjo, atau lebih dikenal dengan Kartosoewirjo, 1905-1962. Adalah pemimpin DI/TII, sahabat karib Bung Karno (BK), ketika sama-sama 'ngekost' di rumahnya Tjokroaminoto. Keduanya memiliki nasionalisme tingkat 'dewa', tetapi memiliki pandangan politik yang berbeda. BK memiliki nasionalisme berhaluan kebangsaan, sementara Kartosoewirjo nasionalismenya berhaluan agama Islam.

Kartosoewirjo ditangkap oleh TNI pada 4 Juni 1962 saat usia 57 tahun. Kartosoewirjo kelihatan lebih tua dibanding usianya, karena terkena berbagai penyakit dan kurang makan, terutama saat bergerilya melakukan pemberontakan bersama pasukannya, dari gunung ke gunung.

Kartosoewirjo disidang pada 14-16 Agustus 1962 oleh Mahkamah Angkatan Darat dalam Keadaan Perang untuk Djawa dan Madura (MAHADPER), kemudian diputuskan bersalah dan harus dihukum mati. 

Kartosoewirjo dieksekusi mati pada 12 September 1962 di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Saat ini pulau tersebut sudah tidak nampak lagi (tenggelam) karena abrasi. 

BK menolak memberikan grasi kepada teman satu kos-kosannya itu. "Menandatangani hukuman mati, misalnya, bukanlah satu pekerjaan yang memberikan kesenangan kepadaku. Sungguhpun demikian, seorang pemimpin harus bertindak tanpa memikirkan betapapun pahit kenyataan yang dihadapi." 

BK dan Kartosoewirjo besar dalam masa pergerakan dengan satu guru yang sama, yaitu Tjokroaminoto. Keduanya aktif dan pintar dalam pemikiran dan gerakan politiknya. Walau demikian, keduanya melakukan pemberontakan (berperang) terhadap pemerintah Belanda dengan cara yang berbeda. Bahkan dua-duanya aktif dalam organisasi partai politik yang berbeda. BK dari PNI, sementara Kartosoewirjo dari PSII. Hal inilah yang melandasi perbedaan pemikirian kedua tokoh tersebut. 

Saat republik ini merdeka, Kartosoewirjo tidak menginginkannya seperti itu. BK dan Kartosoewirjo tetap pada pendiriannya, bersahabat dimasa muda, berakhir perih di masa tua.***

Oleh: Asep Kambali

Sumber: Fadly Zon, Hari Terakhir Kartosuwirjo, Jakarta: Fadly Zon Library, 2012. 

Keterangan Foto: 1. Kartosoewirjo sedang diperiksa kesehatannya oleh dokter TNI; 2. Kartosoewirjo saat dibawa menuju area tembak mati; 3. Kartosoewirjo setelah dieksekusi mati pd 12 Sept 1962 di Pulau Ubi, Kep. Seribu.

Masih mau lihat foto yang lain? Silahkan mampir di Basecamp KHI. Alamatnya cek di Google Maps atau Waze ya. Tapi janjian dulu sama sekretariat KHI ya... Telp. 0818.0807.3636.


Comments

Comments are closed