Kenapa Wajah Ondel Ondel Berwarna Merah dan Putih?

Metrotvnews.com, Jakarta: Hampir semua warga Jakarta mengetahui rupa ondel-ondel, tapi belum banyak yang menyadari makna dari simbol-simbol yang melekat padanya.

Ondel-ondel adalah pasangan boneka raksasa yang kerap diarak masyarakat Betawi pada momen tertentu. Menariknya, meski berpasangan, rupa wajah ondel-ondel memiliki dua warna kontras. Ondel-ondel pria berwarna merah, sedangkan ondel-ondel perempuan memiliki wajah berwarna putih.

"Banyak yang bilang ondel-ondel itu tradisi masyarakat agraris Betawi, pra-Islam. Ondel-ondel dipakai saat panen dan sebagai simbol tolak bala," kisah sejarawan J.J Rizal kepada Metrotvnews.com di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (23/6/2014).

Menurut pria yang mendalami sejarah kebudayaan Betawi itu, karakter yang dibangun dalam ondel-ondel mewakili dua unsur kehidupan, baik dan buruk.

"Kalau wajah yang satu merah satu putih itu karena menyimbolkan kekuatan jahat dan baik. Yang laki-laki digambarkan jahat, yang perempuan digambarkan baik. Ondel ondel harus sepasang karena bersifat menawarkan (keseimbangan), ada baik ada buruk," tambah Rizal.

Ondel-ondel telah menjadi ikon kota Jakarta. Ondel-ondel diarak bukan hanya saat panen, tapi juga menyemarakkan acara budaya yang tersebar di antero Jakarta. Bahkan, dijadikan sarana mengamen oleh segelintir warga.

http://rona.metrotvnews.com/read/2014/06/24/256717/kenapa-wajah-ondel-ondel-merah-dan-putih







Comments

You need to login to give a comment