Night At The Museum - The Dark Night Warrior

Setelah melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan, akhirnya pada Selasa (13/1/2015) Komunitas Historia Indonesia (KHI) kembali mengadakan Night At The Museum (NATM).

NATM kali ini, yang bertajuk “Historia Fun Games” merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan East Asian Medical Student Conference 2015 (EAMSC 2015) yang diselenggarakan oleh Asian Medical Students Association (AMSA). Dan seperti biasa (hehe), KHI dipercaya untuk meng organize dan memandu jalannya acara “NATM – Historia Fun Games” ini.

Walaupun acara dimulai lebih lambat dari seharusnya, karena hujan dan cuaca yang kurang mendukung,  tapi tetap tidak mengurangi keseruannya lho! Acara dimulai dengan para peserta menjelajahi Museum Bank Indonesia (yang merupakan lokasi acara ini) bersama para guide terbaik KHI. Setelah puas menjelajah, para peserta diarahkan menuju inner court dan dipersilakan untuk menyantap hidangan makan malam dan tidak ketinggalan juga… ber-narsis ria di Photo Booth yang merupakan bentuk kontribusi dari salah satu volunteer KHI (Thanks Bro! :D)

       

Waktu menunjukan pukul 18.45 saat kedua MC, Brian (Duta Bahasa Nasional 2010) dan Shinta (Runner Up II Miss Indonesia 2013) memasuki stage serta mulai menyapa para peserta yang telah selesai mengikuti tour dan tengah menyantap hidangan makan malam. Sembari menunggu kelompok lain selesai, peserta juga dihibur dengan penampilan music Tanji (dor) yang dipersembahkan oleh Museum Bank Mandiri dan pertunjukan musik yang dibawakan oleh seorang penyanyi muda berbakat pendatang baru, Christian Adiwijaya, atau biasa disapa Aje.

    

Saat semua kelompok telah berkumpul di inner court, acara pun resmi dibuka. Hujan yang tiba-tiba turun cukup membuat kondisi kurang menyenangkan, peserta pun langsung diarahkan menuju ruang serbaguna. Sehingga pengarahan serta pembagian clue menuju pos pertama pun dilakukan di ruangan tersebut tanpa pengeras suara.

Hujan berhenti tepat saat pengarahan selesai and… IT’S TIME TO PLAY!!!

Masing - masing kelompok yang berjumlah 16 itu mulai mencari pos pertama mereka. Suasana ‘pecah!’ Kehebohan para peserta bercampur dengan ramainya setiap pos permainan yang ada. Pada pos pertama yang bertempat di Masjid, peserta akan diminta untuk menyusun ‘puing – puing sejarah’ atau puzzle. Kemudian pada pos yang berlokasi di pintu masuk Museum Bank Indonesia, peserta akan diuji kemampuan narsisnya… yappp apalagi kalau bukan Selfie! (lebih tepatnya groufie sih, satu kelompok aja 16 orang :P)

Pos berikutnya berada di Ruang Serbaguna dimana peserta akan dituntut untuk menyelesaikan 10 pertanyaan Teka Teki Sejarah (TTS). Dan yang paling heboh pastinya sih ada di pos yang berlokasi di Halaman Selatan, permainan ala eat bulaga yang dipercantik dengan nama Mysterious Words! Peserta yang “dikorbankan” harus menebak kata – kata yang berada di atas kepalanya hanya dengan bantuan clue berupa satu kata mendekati kata tersebut yang diberikan oleh peserta lainnya.

Kurang dari waktu yang telah ditentukan yaitu 2 jam, beberapa kelompok telah berhasil di 4 pos permainan dan berhak untuk mendapatkan clue terakhir yaitu...POS BONUS!

Berdasarkan clue dari masing-masing pos terakhir yang mereka mainkan, mereka diharuskan mencari seseorang yang bertanda khusus untuk mendapatkan clue Pos Bonus.

Babak bonus yang mengharuskan peserta mencari para penjaga huruf emas berlangsung dengan seru! Hampir semua huruf emas yang sangat terjaga, berhasil direbut oleh para peserta.

Namun sayang, karena waktu yang semakin menipis, pada pukul 21.45 dinyatakan TIME OUT! Beberapa peserta yang belum menemukan huruf emas agak kecewa. Peserta kembali diarahkan menuju inner court dan kembali di hibur dengan musik tanji dan pertunjukan musik sembari menunggu hasil penghitungan nilai yang tengah dilakukan oleh panitia.


Acara berakhir dengan pengumuman pemenang dan pastinya foto bersama, dan Aje kembali menghibur peserta sambil nge-dance ramai-ramai :D

           

Selamat kepada seluruh pemenang… You are a History Maker, History Warrior! Let’s Make History!

Terimakasih kepada panitia EAMSC 2015 yang telah memberi kepercayaan kepada KHI untuk memandu salah satu mata acaranya. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada seluruh panitia (koordinator, guide, penjaga pos, konsumsi, dan pastinya perlengkapan) yang berasal dari volunteer KHI, tanpa kalian acara ini tidak akan pecah!

Terima kasih untuk Museum Bank Indonesia, untuk group Tanjidor Museum Mandiri, Christian Adiwijaya, Brian dan Shinta, Pak James yang support photo booth, karena atas dukungan kalian acara ini SUKSES dan PECAH! Intinya tanpa dukungan kalian acara tersebut tidak akan semeriah ini.


Salam Historia! Let’s Make History!

*VP/200115


Comments

You need to login to give a comment