Historical Fun - Olimpiade Ilmu Sosial FISIP UI

Rabu (12/11) Komunitas Historia Indonesia dipercayai oleh BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia untuk memandu jalannya salah satu mata acara Olimpiade Ilmu Sosial, yaitu Historical Fun.
Adapun Olimpiade Ilmu Sosial ini merupakan suatu acara tahunan yang dibuat BEM FISIP UI dengan peserta seluruh siswa siswi SMA jurusan IPS se- Indonesia.

Sejak pagi hari hiruk pikuk persiapan acara ini sudah mulai terlihat. Serangkaian briefing terakhir dilakukan oleh panitia yang merupakan para volunteer KHI. Briefing dipimpin langsung oleh founder KHI, kang Asep Kambali dan juga Project Officer kita, kak Fitriana Sandi


Sekitar pukul sembilan, para peserta tiba. Dan acara Historical Fun pun resmi dilaksanakan!



Acara dimulai dengan membriefing para peserta yang dilakukan oleh perwakilan dari UI, yaitu kak Gayatri dan perwakilan dari KHI, yaitu kak Fitri


Selesai briefing, peserta dan pendampingnya yang telah dibagi kedalam 3 kelompok besar dilepas menuju pos permainan masing - masing. Kelompok 1 menuju pos 1, dan begitu seterusnya.


Pos 1 adalah Museum Bank Indonesia. Di pos ini para peserta terpilih diharuskan menjawab pertanyaan dengan clue yang diberikan oleh peserta lainnya.



Pos 2 berlokasi di Museum Seni Rupa dan Keramik. Pada pos ini para peserta dituntut untuk menjawab 20 pertanyaan Teka Teki Silang dengan diberikan waktu 10 menit saja!


Pos 3 bertempat di Museum Wayang. Di pos ini para peserta saling beradu cepat menjawab pertanyaan yang diberikan.


Pukul dua tepat seluruh peserta telah mendatangi seluruh pos dan kemudian diarahkan menuju Ruang Serbaguna Museum Bank Indonesia untuk makan siang dan menyimak talkshow yang dibawakan oleh perwakilan dari Museum Bank Indonesia, Bapak Agus Santoso dengan tema “Mata Uang Kampua Dari Kerajaan Buton"

kemudian dilanjutkan dengan talkshow bersama founder KHI, Kang Asep Kambali mengenai “Kenapa kita harus belajar sejarah?”


Acara ditutup dengan pengumuman pemenang Historical Fun dan foto bersama.

  

Para perwakilan kelompok pemenang bersama Project Officer Historical Fun                                                                                                                                                       dari BEM FISIP UI, kak Hanif



                                                                                              Foto Bersama



Terimakasih untuk BEM FISIP UI yang telah mempercayakan KHI untuk memandu salah satu mata acara dari Olimpiade Ilmu Sosial UI

Terimakasih untuk Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Keramik untuk izin mengeksplorasi serta menggunakan museum sebagai lokasi acara ini.


Salam Historia!

(VP/17112014)




Comments

You need to login to give a comment