Berpuasa Menjelajah Kampung Arab - Pekojan

Bulan Ramadhan menjadi bulan penuh berkah di mana setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya dan menjadi bulan yang baik untuk saling berbagi. Berawal dari niat baik inilah, Komunitas Historia Indonesia bekerjasama dengan 3 komunitas lainnya yaitu Makelar Sedekah, Pecinta Anak Yatim, dan Berbagi Nasi Jakarta juga didukung oleh Museum Bank Indonesia mengadakan A Walk to Share : Jelajah Kampung Arab - Pekojan. Acara yang memadukan kegiatan sosial dan wisata edukasi sejarah dan hiburan ini diikuti oleh 100 anak yatim dan anak jalanan dari berbagai daerah di Jabodetabek dan sekitar 30 peserta umum yang ikut berdonasi.

A Walk to Share : Jelajah Kampung Arab - Pekojan dimulai pukul 15.00 dan dibuka di auditorium Museum Bank Indonesia, Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat. Setelah perkenalan dari masing-masing komunitas, acara jalan-jalan jelajah Kampung Arab- Pekojanpun dimulai. Anak-anak dibagi ke dalam 3 kelompok dan peserta umum dipisah dengan kelompok sendiri.

Setelah berkeliling di Museum Bank Mandiri, setiap kelompok mulai menjelajah ke arah Kampung Arab - Pekojan dipandu oleh seorang guide dari Komunitas Historia Indonesia yang menjelaskan situs-situs bersejarah yang dilewati oleh peserta. Selain beberapa museum, yaitu Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri, peserta juga melewati beberapa bangunan bersejarah seperti Nederlandsche-Indische Escompto Maatscappij, Chartered Bank of India, Australia and China, Galeri Malaka. Lalu, mereka berkunjung ke masjid-masjid bersejarah di daerah kampung Arab - Pekojan yaitu masjid Al Anshor, masjid Ar Roudah, yayasan Az Zawiyah, masjid An Nawier, dan masjid Langgar Tinggi yang merupakan masjid tertua di Jakarta.

Setelah berjalan-jalan sekitar 2 km mengelilingi kampung Arab, peserta berkumpul kembali di auditorium Museum Bank Indonesia sekitar pukul 17.00. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, MC dari KHI yaitu Farid dan Citra memberikan kuis dan membagikan hadiah dari donatur kepada anak-anak peserta. Antusiasme anak-anak menjawab membuktikan bahwa mereka memperhatikan penjelasan dari guide ketika penjelajahan kampung Arab dilakukan.

Menjelang berbuka puasa, ustadz Ali Limau mengisi kultum yang berisi mengenai keutamaan puasa bagi diri sendiri yang dikemas dengan humor sehingga menggelitik tawa anak-anak peserta. Setelah berbuka puasa yang dipersembahkan oleh NutriSari W'dank dan melakukan sholat Maghrib berjamaah, acara dilanjutkan dengan dongeng oleh kak Ariyo dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia. Dengan pembawaan dongeng yang sangat lucu dan menarik, anak-anak peserta tidak lepas mengamati jalan cerita dan tebak-tebakan yang dilontarkan oleh kak Ariyo.

Acara ditutup sekitar pukul 19.30 dengan berfoto bersama dan pembagian bingkisan serta makan malam untuk dibawa oleh masing-masing peserta. Semoga acara A Walk to Share : Jelajah Kampung Arab - Pekojan tidak hanya berkesan menghibur bagi semua peserta tapi menambah pengetahuan sejarah akan kampung Arab dan penyebaran Islam di Jakarta.




Comments

You need to login to give a comment