KHI: Sejarah Jangan Dilupakan!

@IRNewscom I Jakarta: TAHUN yang baru saja berganti membuat sejarah masa lampau semakin tertinggal. Sejarah tergilas waktu dan modernisasi. Komunitas Historia Indonesia (KHI) mencoba hadir sebagai pengingat, bahwa setiap bangsa memiliki sejarahnya sendiri.

Asep Kambali selaku pendiri KHI pun mengakui bahwa pihaknya berupaya selalu membuat even dengan merangkul elemen masyarakat lainnya agar semakin banyak orang konsern terhadap sejarah bangsa. "Selain workshop dan seminar, kami seringkali membuat kegiatan tur ke tempat-tempat bersejarah di Indonesia. Baik internal KHI, maupun dengan menggandeng ormas lain," paparnya ketika dihubungi IRNews, Rabu (2/1).

Dia mengaku ironis melihat sudah begitu banyak bangunan bersejarah yang mulai beralih fungsi bahkan dihancurkan atas nama pembangunan. Bangunan bersejarah yang seharusnya dipelihara oleh pemerintah karena memiliki nilai historis tinggi, malahan tidak terurus dan bahkan sudah hilang.

"Hal lainnya adalah banyaknya masyarakat dan generasi muda yang tidak peduli dengan potensi sejarah dan budaya yang dimiliki bangsa ini. Apalagi jika dikaitkan dengan pelajaran sejarah di sekolah yang sering diangap para siswa sebagai pelajaran yang membosankan, bikin ngantuk, gak gaul dan tidak menyenangkan," tegasnya serius.

Konsep KHI adalah mempelajari sejarah dan budaya tanpa paksaan, menyenangkan, dan apa adanya. "Yang kami coba lakukan adalah bagaimana membuat sejarah menjadi menarik dan menyenangkan. Pada akhirnya mereka dengan mudah mendapatkan hikmah dari pengetahuan tentang suatu peristiwa sejarah," urainya.

Beberapa program KHI antara lain, Jakarta Heritage Trails yaitu menjelajahi sejumlah tempat bersejarah di Jakarta, baik di siang hari maupun malam hari, program Indonesia Heritage Trails, dengan menjelajahi lebih luas lagi lokasi bersejarah di sejumlah tempat di Indonesia, serta beberapa program pendukung lain, seperti program relawan sejarah, seminar, diskusi bulanan, dan lain-lain. [mar-5]

Sumber: Klik disini!


Comments

You need to login to give a comment