Art & Toilet Exhebition

Agenda Public 06 February - 03 March 2015 09:00 a.m.

Galeri Fatahillah | 3 Februari - 3 Mei 2015 (Selasa - Jumat : 10.00 - 19.00; Sabtu - Minggu : 09.00 - 21.00; Senin tutup)


Toilet publik yang bersih dan laik pakai merupakan salah satu infrastruktur dasar yang harus dibangun sebuah kota, selain penyebrangan jalan yang aman, taman kota yang rapi, dan jalur pedestrian yang nyaman bagi semua warganya.

Sayangnya, Jakarta, terutama di kawasan Kota Tua, tidak memiliki toilet umum bersih dan laik pakai. Toilet yang ada sangat kotor, jorok, dan berbau. Kondisi ini memaksa pengunjung dan pedagang kaki lima di sekitarnya seringkali buang air kecil di sembarang tempat.

Padahal, Jakarta atau sebelumnya dikenal sebagai Batavia, dirancang dan dibangun oleh Jan Pieterszoon Coen berdasarkan konsep "kota ideal", Simon Stevin dengan pola berbentuk segi empat. Tiap sudut kota memiliki benteng yang menonjol keluar. 

Kota Batavia pada zaman itu dipagari oleh benteng (tembok tinggi) yang di dalamnya terdapat banyak kanal. Kota terbagi menjadi dua bagian, barat dan timur, yang dipisahkan oleh Sungai Ciliwung. Bangunan-bangunan yang terdapat di dalamnya terbagi menjadi beberapa blok dan  dipisahkan oleh jalan dan parit yang terbentang secara melintang dan membujur. 

Nah, rintisan untuk memperbaiki Jakarta menjadi kota ideal itu salah satunya dengan menggelar pameran Art & Toilets: Bringing Back The Glory of The Past di Galeria Fatahillah, Gedung Kantor Pos Lantai 2, Kawasan Kota Tua, Jakarta. 

Pameran ini resmi dibuka pada Selasa (3/2/2015) dan mencoba menghadirkan seni lukisan yang menghubungkan antara masa lalu dan masa kini dari awal berdirinya Batavia hingga menjadi Jakarta. Selain itu, pameran ini yang akan berlangsung hingga 3 Mei 2015 ini juga bertujuan memperkenalkan program pemerintah, yakni revitalisasi kawasan Kota Tua. 

Pengunjung diharapkan menyadari bahwa pembenahan Kota Tua harus juga dilakukan pada hal yang mendasar, seperti kebersihan. Selama ini, hampir tidak ada toilet yang bersih di Kota Tua. Padahal, Kota Tua sudah menjadi warisan sejarah.


Event Creator
Admin KHI
Member since Jan 2014
16 / M / ID
245
Join this event :
YES
NO

Comments

You need to login to give a comment