Kineforum Misbar

Agenda Public 27 November - 06 December 2014 07:00 p.m.

Kineforum Misbar

22 November 2014 – 6 Desember 2014

Lapangan Futsal Taman Menteng dan Lapangan Basket Blok S

Kineforum Misbar adalah sebuah bioskop temporer dengan desain kontemporer di ruang terbuka yang memutar film-film klasik dan juga film-film terbaru. Bioskop ini pertama dipersembahkan kepada publik atas inisiasi dua arsitek Melissa Liando (Indonesia) dan Laszlo Csutoras (Hungaria) yang mengadaptasi konsep layar tancap (konsep menonton di ruang terbuka yang populer di Indonesia pada tahun 70-80an). Konsep ini pun disambut dengan baik oleh pihak Dewan Kesenian Jakarta (dalam hal ini Kineforum DKJ) dan Jakarta Biennale 2013. Lahirlah Kineforum Misbar 2013 yang menjadi ajang pamungkas bagi rangkaian acara Jakarta Biennale 2013 “Siasat”.

Kineforum Misbar 2013 didukung oleh Dinas Pariwisata an Kebudaya DKI Jaya ini diadakan di Lapangan Futsal MONAS (Pintu Timur Laut) dari tanggal 10-16 Desember 2013. Sesuai dengan tema Jakarta Biennale 2013 “Siasat” ini, Kineforum Misbar 2013 bertujuan untuk memberikan alternatif ruang dan pengalaman menonton bagi publik, sebuah tanggapan atas kurangnya bioskop untuk rakyat seperti yang pernah diutarakan oleh Sugar Nadia selaku manajer Kineforum saat itu.

Tahun lalu, Kineforum Misbar melibatkan dua kurator --Adrian Jonathan dan Mahardhika Yudha-- untuk memilih film-film Indonesia dari berbagai era. Film-film yang diputar adalah hasil dari serangkaian siasat dengan berbagai pertimbangan, termasuk kualitas tayang dan paling kentara tentunya adalah tema siasat sejarah– sejumlah film popular dari berbagai zaman. Beberapa merupakan cerita ringan tentang upaya warga menyiasati kehidupan ibukota.

Di tahun keduanya, Kineforum Misbar menampilkan konsep yang serupa dengan konsep awalnya dengan menampilkan dua desain, buah ide dua perancang muda Indonesia yang handal. Adalah Bobby Anzac Prawira (perancang panggung) dan Gerrits SBC Udjung (arsitek) yang merancang bioskop di luar ruangan kali ini di Lapangan Basket Lapangan Blok S sebagai venue utama dan juga Taman Menteng sebagai venue tambahan.

Bobby Anzac Perwira yang seringkali menampilkan berbagai desain panggungnya di berbagai program televisi, kali ini menampilkan desain bioskop terbuka dengan facade terbuat dari lembaran seng yang dinding dalamnya terbuat dari bambu. Sementara Gerrit SBC Udjung menggunakan materi wood pallet sebagai materi dasar pembuatan bioskop dengan kesadaran penggunaan materi-materi daur ulang.

Senafas dengan Kineforum Misbar 2013, penyelenggaraan tahun ini pun bertujuan untuk memberikan alternatif tontonan bagi publik. Tema “Lawan” yang dipilih oleh Adrian Jonathan dan Alexander Matius, selaku pemrogram Kineforum Misbar 2014, adalah sebuah ajakan untuk membangun ruang bersama yang kian luwes dan tidak lagi terikat pada aturan-aturan konvensional yang kerap kali diarahkan untuk kepentingan ataupun kalangan tertentu saja.

Kineforum Misbar terbuka untuk publik dan gratis.


JADWAL PENAYANGAN FILM


LOKASI : TAMAN MENTENG


LOKASI : LAPANGAN BLOK S

MEKANISME

  • Pengambilan tiket tanda masuk dapat diambil satu jam sebelum penayangan film dimulai.
  • Satu orang hanya mendapatkan satu tiket.
  • Penonton yang sudah mendapat tiket tetapi tidak masuk sampai 10 menit film dimulai, maka tiket akan diberikan kepada penonton lain.
  • Tiket tidak dapat direservasi tetapi langsung diambil pada meja informasi Kineforum Misbar satu jam sebelum pemutaran, kecuali untuk pemutaran tertentu.
  • Penonton tidak diperkenankan merekam sebagian atau keseluruhan film yang diputar.
  • Penonton tidak diperkenankan mengambil gambar di Kineforum Misbar tanpa izin.
  • Penonton tidak diperkenankan merokok di dalam ruang pemutaran Kineforum Misbar.
  • Penonton diharapkan menjaga kebersihan dan ketertiban pada semua bagian ruang pemutaran.


Event Creator
Admin KHI
Member since Jan 2014
16 / M / ID
500
Join this event :
YES
NO

Comments

You need to login to give a comment